22 Juni 2023

author photo

Lumajang - Kajian Islam Santri Ar-Rahmah (KAISAR) ini merupakan kegiatan rutin pekanan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Ar-Rahmah. Kajian ini rutin dilakukan setiap Jum'at malam sabtu setelah sholat maghrib di Masjid Pondok. 


Tujuan kajian ini diadakan tentu sebagi wadah bagi seluruh santri untuk menambah ilmu wejangan atau nasehat-nasehat yang diberikan oleh pemateri. Sedangkan untuk pemateri sendiri, disampaikan langsung oleh pihak dewan pembina yayasan maupun pihak pengasuh Pondok Pesantren secara bergantian sesuai jadwal. 


Untuk istilah KAISAR ini sendiri baru dicetuskan atau dibentuk oleh para pengurus Pondok pada tahun 2020 yang lalu pada saat pandemi covid-19. "Pondok ini harus punya branding sendiri buat nama kajiannya kayak di tempat-tempat lain biar semakin mengangkat nama pondoknya juga " - Ujar salah satu pengurus pondok pada rapat koordinasi bersama. 


Namun untuk KAISAR ini setiap pekan dilakukan di 2 tempat yang berbeda, untuk santri putra dilaksanakannya bertempat di masjid dan santri putri dilaksanakan di musholla asrama putri. Dan untuk KAISAR akbar dilakukan setiap satu bulan sekali di masjid yang melibatkan seluruh santri putra maupun putri.***


Penulis : Muhammad Salman

Editor : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post