22 Juni 2023

author photo
Suasana wisata Sendang Arya Wiraraja Lumajang


Wonorejo - Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memiliki sejumlah wisata yang menarik, terutama pada  wisata alamnya. Meski demikian, sejumlah potensi wisata lain di daerah ini juga memikat mata kita. Salah satunya yakni keberadaan Sendang Arya Wiraraja.


Sendang yang merupakan telaga berukuran luas itu diyakini dulunya merupakan tempat mandi para raja. Penamaan Sendang Arya Wiraraja merujuk pada nama seorang raja di Kerajaan Lumajang.


Sendang Arya Wiraraja terletak di Dusun Duko, Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Mengutip dari laman Visit Lumajang, selain menjadi destinasi wisata, sejak dulu Sendang Arya Wiraraja juga telah banyak memberi penghidupan bagi masyarakat.


Jumlah air yang melimpah memudahkan warga di Dusun Duko dan Dusun Curahlekong untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti mencuci dan memasak. Sendang Arya Wiraraja juga menjadi sumber pengairan untuk kegiatan pertanian.


Namun saat ini, wisata sendang Arya wiraraja itu, mulai sepi pengunjung, dikarenakan tidak terawatnya wisata dan bahkan banyak sampah-sampah yang berserakan dimana-mana, disamping itu telaga sendang juga banyak ditumbuhi daun-daun air, sehingga membuat para wisatawan malas untuk kesana.


Penulis : Shohibuddin

Editor : Devisi Keilmuan

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post