22 Juni 2023

author photo



 Lumajang - Sumber Mrutu adalah salah satu tempat wisata alam yang terkenal akan kejernihan air segarnya di kabupaten Lumajang. Wisata ini berlokasi di Dusun Mrutu, Desa Pandansari, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang. 



Wisata sumber Mrutu ini menyuguhkan air jernih berwarna kebiru-biruan. Air jernih itu keluar dari tengah Kubangan air, dan sisi barat sumber terdapat pohon besar. Akan tetapi, pengunjung dilarang mandi dibawah pohon tersebut. Pengunjung hanya boleh mandi di kubangan yang tengah tengahnya keluar sumber air. Kira-kira, kedalaman Kubangan sumber Mrutu sekitar 1 meter. Cukup dangkal dan aman.



Bagi pengunjung yang membawa anak atau Balita, mereka tetap bisa menikmati segarnya air di kubangan sisi Utara. Sebab, disisi Utara kubangan dilengkapi dengan dipan bambu sebagai sarana bagi anak saat mandi.



Dari tiga area kubangan itu mengalir kearah timur menuju sungai di Desa Pandansari. Air sungai itu sudah banyak warga setempat yang memanfaatkannya untuk mandi. Maklum, airnya masih jernih ditambah sejuknya lingkungan karena banyaknya pepohonan rindang di sekitar sumber Mrutu


Kejernihan air di kubangan sumber Mrutu tak hanya menyegarkan, tapi juga dipercaya bisa mengobati penyakit.











Penulis: Alfina Damayanti KPI 20

Editor: Devisi Keilmuan 

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post