19 Juni 2021

author photo


Judul: Menggugat Pandemi Lewat Pendidikan

Penulis: Harry Purwanto, Dkk

Penerbit: Media Karya Surabaya

Cetakan: Pertama, Juni 2021

ISBN: 978-623-95235-8-9

 



Tatkala negara ini, dan seluruh muka bumi, dilindap badai Covid-19, segala macam tatanan berubah. Bidang ekonomi, sosial, pendidikan, dan segenap bidang lain ikut bertransformasi. Pendidikan adalah bidang yang relatif gampang disaksikan perubahannya. Pembejalaran yang awalnya dijalankan di sekolah via tatap muka. Berubah menjadi di mana saja via jaringan internet.


Buku ini memotret sekelumit kisah-kisah transformasi itu, yang dituangkan dalam opini-opini mahasiswa, dibimbing oleh seorang dosen. Ada yang tentang betapa rumitnya mencari sinyal dan pulsa (halaman 63), di daerah pelosok, ada yang menggambarkan proses pembelajaran mahasiswa sebuah kampus yang kebetulan tinggal di pesantren (halaman 141), dan lain sebangsanya.


Buku ini berawal dari Mata kuliah Pendidikan Jurnalistik untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (Prodi PAI) di Fakultas Tarbiyah di Semester VI Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang. Momentum yang digagas salah satu dosen di sana, Harry Purwanto, menjadi oase untuk tetap kreatif. Belajar tentang ilmu Jurnalistik, menulis berita, mengenal berbagai macam tulisan, praktik lapangan hingga menulis opini serta feature, memantik semangat mahasiswa untuk menulis.


Berbagai karya tulis dihasilkan melalui liputan langsung ke narasumber meski tetap menjalankan Protokol Kesehatan. Belajar menulis berita harus senang dan menyenangkan, bukan jadi beban. Menulis harus bisa selancar berbicara. Apalagi Mahasiswa PAI Semester VI 2021 banyak yang aktif bekerja di lembaga pendidikan dan organisasi mahasiswa, kepemudaan dan masyarakat. Sehingga menjadi modal menjadi penulis kritis dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.


Mahasiswa PAI yang awalnya pandai mengeluarkan pendapat tapi tidak bisa melakukan penulisan berita, feature, maupun opini. Secara pelan tapi pasti dalam setiap minggu pertemuan mulai mengasah kemampuan menulisnya. Buku ini adalah kumpulan tulisan mereka dalam bentuk opini.


Para penulis seperti berpesan agar apa pun kondisinya, termasuk di era pandemi seperti sekarang, mengutuk keadaan adalah percuma. Gugatlah keadaan itu dengan melangkah mengatasinya. Gugatlah dengan karya yang menggugah.


Buku ini berisi tulisan para pemula. Yang tentu masih akan terus berkembang kapabilitas dan ide cemerlangnya. Terpenting, artikel-artikel disusun melalui ragam perspektif pendidikan, baik teori maupun praktik. (*)

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post